Home > Kesehatan > Mata Merah aka Belekan

Mata Merah aka Belekan


Mata merah atau belekan merupakan penyakit yang tidak pandang usia. Anak kecil hingga orang tua bisa terkena penyakit ini. Belekan merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, dan terkadang virus tersebut juga ditunggangi oleh kuman sehingga terjadi infeksi pada bagian mata. Penderita yang terkena penyakit ini akan merasakan pedih pada matanya, mata menjadi merah dan bengkak, bahkan ketika bangun tidur, si penderita akan kesulitan untuk membuka matanya, karena terdapat banyak kotoran di seputar kelopak matanya. Sehingga pandangan menjadi kabur dan terasa ada ganjalan pada bola mata.
Penyakit ini sangat menular, media penularannya biasanya melalui benda-benda yang dipakai atau bersentuhan dengan mata si penderita, seperti kacamata, handuk, sapu tangan, dll. Bahkan penularannya juga bisa melalui jari tangan, apabila si penderita mengusap matanya dengan tangan, sehingga tangannya tercemar virus. Sehingga tidak mengherankan, apabila ada salah satu anggota keluarga yang terkena penyakit ini, maka anggota keluarga yang lain akan sangat mudah tertular.
Si penderita untuk sementara harus berhenti beraktivitas, seperti sekolah dan bekerja. Karena virus ini dapat bertebaran di udara dan bisa hingga di mana saja, dan kondisi lingkungan yang berdebu dan berpolusi dapat memperparah penyakit dan bisa membahayakan orang di sekitarnya.

Pengobatan
Tidak semua infeksi mata perlu diobati jika penyebabnya virus. Namun, jika penyebabnya kuman, baik sejak awal maupun kuman yang menunggangi kemudian, diperlukan antibiotika. Terlebih jika infeksinya oleh trachoma yang komplikasinya bisa mengakibatkan kebutaan.
Ada dua macam obat untuk penyakit ini, salep dan tetes. Untuk penyakit infeksi mata yang berat, daya kerja salep lebih bertahan lama. Sebab, sesuai bentuknya, obat berbentuk salep lebih mudah menempel dan bertahan lama pada selaput lendir mata dibandingkan dengan obat tetes. Obat tetes lekas habis masa kerjanya karena mudah mengalir keluar lagi bersama air mata. Sehingga obat tetes lebih sering dipakai daripada obat berbentuk salep, mungkin setiap 3 – 4 jam sekali. Atau bisa lebih dari itu, sesuai tingkat keparahan infeksinya.
Salep kurang disukai sebab mengganggu pandangan dan memberikan rasa kurang enak di mata, selain kurang sedap dipandang. Lagi pula tidak semua pasien memakai salep mata secara benar. Mereka mengoleskan salep pada selaput lendir merah kelopak mata, bukan langsung pada biji mata, sehingga berlepotan mengenai bulu mata. Caranya mirip dengan cara mengoleskan odol pada sikat gigi. Di depan cermin, salep dioleskan pada sisi dalam kelopak mata bagian bawah dengan cara menarik kelopak mata bawah.
Belilah obat infeksi mata sesuai dengan resep dokter, karena obat mata yang ada dipasaran belum bisa sampai membunuh bibit-bibit penyakitnya dan tidak semua penyakit mata merah sama penyebabnya dan sama pula obatnya. Pemakaian obat mata sembarangan bisa membahayakan mata. Untuk infeksi mata yang dinilai parah, dokter mempertimbangkan pemberian obat minum, selain salep atau obat tetes mata.

Pencegahan
Virus penyakit ini biasanya ada di tempat-tempat yang kumuh, seperti percikan air banjir. Hindari memegang dan mengucek mata jika terasa gatal. Dan hindari juga kontak langsung dengan si penderita.

Biasakan hidup sehat dan bersih.
Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Categories: Kesehatan Tags: , ,
  1. October 15, 2008 at 1:24 pm

    terimakasih artikelnya, seumur2 tinggal di jakarta baru kali ini belekan, sepertinya oleh2 mudik kemarin, banyak debuuuu

  2. anggayasha
    October 30, 2008 at 11:04 pm

    Sama-sama. :)

    Ati-ati, sis. Kalau mata gatal, jangan dikucek-kucek pake tangan, awalnya sih enak, tapi belakangnya bisa bikin repot. >.<

  3. January 27, 2009 at 7:49 pm

    Trima kasih infonya… baru kali ini saya terkena belekan, saya merasa terkena bakteri dari sarung bantal, sepertinya habis di pakai kucing karena saya merasakan bau kucing di sarung bantal tersebut. oiya belekan yang ada pada kucing apakah bisa tertular ke manusia ? saya pernah memelihara kucing. setiap kali berumur 1-2 tahun selalu belekan, tetapi saya tidak apa2… kenapa bisa begitu ya ? trima kasih atas jawabannya

  4. anggayasha
    January 29, 2009 at 6:37 am

    Kalo faktor penyebabnya bisa banyak kemungkinan, bro. Apalagi sekarang musim hujan, banyak genangan air kotor. Jadi gak bisa dikatakan multak bahwa itu dari kucing.

    Denger-denger sih belekan pada kucing umur segitu itu karena si anak kucing tidak lagi dirawat ama induknya. Istilahnya di sapih. Soalnya ketika dirawat ama induknya kan si kucing selalu dibersihkan/dijilatin. Jadi kotoran-kotoran yang terkumpul di kelopak mata si kucing gak menumpuk. Tapi kalo kucingnya udah agak besar biasanya udah gak belekan lagi, kok.
    Dan juga gak semua penyakit di kucing bisa menular ke manusia.
    CMIIW

  5. March 15, 2009 at 5:33 am

    gilaaaaaaaaaaaaaaaa….aq g bisa kerja gara2 nie

  6. April 27, 2009 at 1:49 pm

    Memang lagi musim belek ya…..

  7. anggayasha
    April 30, 2009 at 10:14 pm

    Maklum, masih musim hujan. :)

  8. May 7, 2009 at 11:04 am

    betul gara2x belekan g bsa kuliah…cakit bgt!aktvts stop smua Ampun2x…lg mewabah mas !djogja ….ni br belekan.

  9. anggayasha
    May 9, 2009 at 7:20 am

    Semoga cepet sembuh, bro.

    Sakit belekan itu mungkin cuma 2-3 hari kalo ditangani dengan bener. :)

  10. woel
    May 18, 2009 at 11:11 am

    denger2 biar cpet sembuh harus ditetesin air seni pas pgi hr (waktu pertama kali pipis), bener gak ya????

  11. anggayasha
    May 18, 2009 at 9:12 pm

    gila!!!! saran dari sapa tu????
    Dari ki joko bodo?? he..he..
    gak mungkin lah, dari akal sehat juga gak masuk diakal apalagi dari pendekatan medis. Air seni itu kotor, kalo mata ditetesi air yang kotor ya tambah parah jadinya.

    Nggak, bro. Itu nggak bener. Trust me!

  12. Rafeeta
    May 29, 2009 at 9:36 pm

    Hikzz… baru aja aku tertular belekan dri adekku…
    mata sebelah kananku agak merah bag pojoknya…
    trus aku pake obat tetes mata adekku jg c…
    apa aku hrs pake tetes mata sendiri ya?
    aduhh… seumur2 baru kali ini aku belekan n baru kali ini pula aku pake tetes mata… :((
    gimana nih?
    thx bwt komen blsnnya ya…

  13. May 30, 2009 at 6:29 am

    air mata bercucuran nih + pegel2,tadinya cuma adequ
    eh skrg smw keluarga dah kena
    obat yg paling manjur apa c..?pke tetes tmbh merah
    klo bwt sujud ampun… pegelnya,ky mo jatuh ni bola mata
    klo bwt bayi umur 6 bln,gmn ngobatinnya?kasian bgt deh ngliatnya

  14. astuti
    May 30, 2009 at 10:34 am

    buat anggayasha dan om Hidayat :
    * air seni pagi hari tu punya zat antibody, coba deh search digoogle ttg manfaat air seni. malahan ada terapi minum air seni pertama di pagi hari. menurut pengalaman ak, air seni pertama di pagi hari manjur untuk mengobati sakit beleken.

    *cobain deh, saat bangun tidur, mata sakit kaya ada benjolan yg ganjel, segera usap dgn air seni pertama dipagi hari, bener, rasa sakit bisa ilang, kmd bisa membuka mata langsung tanpa pedas atau perih.

    *baru sesudahnya segera mandi dan kompres mata dengan air hangat / sedikit lebih panas

    *segera juga berjemur dimatahari pagi yg masih kuning keemasan, hadapkan mata pada matahari tanpa melihat atau memandangnya

    * segera ke apotek, beli obat tetes dosis tinggi Cendo Cetol sama obat yg diminum (biasanya untuk 3 hari).

    * sebelum ditetes, mintalah seluruh anggota keluarga yg belum terkena belekan untuk ditetes matanya dengan obat, biar masih steril. sesudah itu baru penderita.jd berfungsi sebagai pencegahan

    *ingat, tetes untuk mata sehat tidak sakit, tp untuk mata yg sudah beleken akan terasa perih dan terbakar, INGAT biarkan rasa perih sebentar, jgan dikucek atau diseka. beri waktu beberapa detik agar obat segera bekerja

    *klo sedang ga ada kerjaan, istirahatlah tp tdk tidur, sebab kalo tidur kuman akan senang, nikmati aja rasa sakit n gatal2nya sambil beraktivitas ringan

    *jgn lupa, jangan sentuh mata yg sakit atau diucek2 dengan tangan, gunakan kapas steril atau tisu yg sekali pakai

    *bila air mata banyak keluar, jgn langsung diusap, biarkan mengalir menertes membasahi mata dan pipi baru diusap dengan lembut, jgn ditekan atau dikucek ya

    *ganti semua sprei, sarung bantal dll, cuci yg bersih dan jemurlah bantal kasur ditempat panas. biarkan sinar matahari masuk kekamar, hentikan sementara penggunaan AC, sebab membahayakan sesama

    demikian semoga bisa membantu,
    mari selalu jga kebersihan untuk kesehatan

  15. anggayasha
    May 31, 2009 at 2:09 pm

    @Rafeeta
    Memang sebaiknya kita tidak memakai barang-barang pribadi si penderita karena besar kemungkinan kita akan ikut tertular.
    Saran dari sis astuti bisa diikuti, tapi tidak untuk perihal air kencing-nya.

    Saya terkena belekan gak pernah tuh pake air kencing buat pengobatan, dan buktinya sembuh. Penggunaan air kencing manusia untuk pengobatan telah difatwa haram oleh MUI
    buka,

    http://infad.usim.edu.my/modules.php?op=modload&name=News&file=article&sid=2074&mode=thread&order=0&thold=0

    Semoga cepet sembuh, sis. :)

    @Hidayat
    Untuk bayi, penanganan yang benar adalah membawanya ke dokter. Jangan sembarangan memberikan obat kepada bayi karena kondisi tubuh bayi tidak sama dengan kondisi tubuh kita.
    Segera b awake dokter, main save aja, bro.
    Pada dasarnya penyakit itu adalah bentuk ujian Alloh kepada hambanya. Barang siapa yang sabar dalam menghadapi penyakitnya, maka itu artinya kita lulus ujian dari Alloh.
    Tetep istiqomah, jangan sampai sholat 5 waktu ditinggalkan gara-gara sakit belekan. Semangat! :)
    Semoga cepet sembuh, bro. :)

    @astuti
    Fatwa MUI telah mengharamkan penggunaan air seni manusia untuk pengobatan, silahkan buka

    http://infad.usim.edu.my/modules.php?op=modload&name=News&file=article&sid=2074&mode=thread&order=0&thold=0

    Alloh menciptakan obat untuk tiap-tiap penyakit. Apabila ada yang halal kenapa kita pilih yang haram?
    Cukuplah kita yakin Alloh akan menyembuhkan kita melalui obat yang dibolehkan dalam hukum Islam.

    Eniwei, thanks atas saran-sarannya (kecuali untuk air-kencing) semoga bisa bermanfaat bagi saudara-saudara kita. :)

    Wallahu A’alam.

  16. @ummi fauzan
    June 7, 2009 at 9:04 am

    waduh…anak saya 2 kena belekan smua. padahal lagi ujian klas VI. biasanya berapa hari ya sembuhhnya ?

  17. anggayasha
    June 7, 2009 at 7:53 pm

    Normalnya 3 hari sudah sembuh. Kalo rajin dibersihkan insya Alloh 1-2 hari udah sembuh.

  18. June 21, 2009 at 7:26 pm

    air seni buat pengobatan luar juga tetep ga boleh ya?? :D kan biasanya klo kena belekan air seninya cuma di usapin doang, biar bisa melek, dah itu dibasuh ma air jernih

  19. Mama sholeh
    June 21, 2009 at 10:41 pm

    Assalamu ‘Alaikum, Anakku (8 blan) hri ini matanya agak merah dan belekan, kata oma nya dikasi ASI aja, ga usah pake obat. Betul ga sich? Btw thanx infox.

  20. June 21, 2009 at 11:10 pm

    asslkmwrwb… wah ati2 yah yg belekan karena kucing ntuh….:(. tetangga saya sudah 2 yg jadi buta karena virus from the cat, alias miara kucing bnyk di rumahnya lhooo… rata2 miara kucing bertahun2…. eh, pas udah usia senja, buta beneran matanya, kata dokter virusnya dari kucing… githu.

    warm regards,
    -ry-

  21. anggayasha
    June 22, 2009 at 4:35 pm

    @dobelden
    Air kencing itu kan najis, bro. Kalo ada obat yang lebih baik kenapa gak dipilih?? :D

    @Mama sholeh
    Assalamu’alaikum.
    Denger2 sih, ASI memang bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit mata pada bayi.

    Wallahu a’lam

    Semoga anak ibu cepat sembuh. :)

    @riry
    Wa’alaikumsalam
    Thanks untuk sharing info nya. :)

  22. November 26, 2009 at 4:07 am

    thanks infonya pak….suami tba2 belekan nih, sensi berat jadinya. bawaanya jadi riweuh. :D

    mudah2an lekas baikan dan tidak menular ke anggota keluarga lainnya

  23. anggayasha
    November 26, 2009 at 7:21 pm

    Sama-sama

    Amin, semoga tidak menular ke si kecil.

    Jangan lupa berdoa biar sembuhnya makin cepet. :)

  24. January 14, 2010 at 4:35 am

    betul kata temen2 dsini, jika sakit belekan jngn skalipun dikucek pakai tangan (selain mnjadi lbh parah/lama sembuhnya jg mnyebabkan penyakit ini mudah menular). cukup kotoran yg mngalir brsama air mata di pipi aja yg di seka. lalu rajin tetesin obat tetes mata xendo cytrol (beli di apotik) & smentara hindari dl makan gorengan / mie instan. buktinya saya sembuh dlm 2 hari :D salam

  25. anggayasha
    January 14, 2010 at 9:16 pm

    Satu lagi advice berharga dari teman kita.
    Jangan dikucek dan hindari makan gorengan serta mie instan.
    Thanks for sharing, bro. :)
    Advice anda pasti akan sangat berguna bagi yang membutuhkan. :)

  26. March 15, 2010 at 5:15 pm

    Thank you bro… saya coba, ini anaku, pembaqntuku, buliku, satu rumah kena ini

  27. March 15, 2010 at 5:17 pm

    trimq kasih brow… mau saya coba nih.., anak saya, bulik saya, pembantu saya semua kena ..wah gawat nih ….

  28. March 15, 2010 at 5:19 pm

    saya coba

  29. anggayasha
    March 15, 2010 at 10:47 pm

    pamuji :

    trimq kasih brow… mau saya coba nih.., anak saya, bulik saya, pembantu saya semua kena ..wah gawat nih ….

    Wah, semoga cepat sembuh kalau gitu, pak. Dan jangan sampai nyebar ke tetangga-tetangga.

  30. ofie..
    April 13, 2010 at 9:34 am

    waLach..mkzih infonya.. Gara2 blekan jdi gk bza ngp2in. Bru nglmi ne,, wah jand gne bet rzane..

  31. anggayasha
    April 14, 2010 at 5:20 am

    ofie.. :

    waLach..mkzih infonya.. Gara2 blekan jdi gk bza ngp2in. Bru nglmi ne,, wah jand gne bet rzane..

    Semoga cepat sembuh aja, sis. Ati-ati kalau pegang barang, jangan sampai virusnya menular ke penghuni rumah.

  32. kansha eriella savanti (eriel)
    April 17, 2010 at 12:26 pm

    wah, kakak saya kena tuh, saya jadi ketularan.. ,^_^,

  33. anggayasha
    April 19, 2010 at 9:08 pm

    kansha eriella savanti (eriel) :

    wah, kakak saya kena tuh, saya jadi ketularan.. ,^_^,

    Semoga cepat sembuh deh, sis. Musim hujan gini emang musim sakit belekan.

  34. ekoraf
    April 30, 2010 at 4:46 pm

    wah aq jga jdi ketularan merih bngt nich mata……

  35. Rahmat
    May 27, 2010 at 6:49 pm

    mkasih infony

  36. JillianLeonhart
    July 4, 2010 at 6:24 pm

    Saia lagi belekan nih… Makasih ya infonya… *kucek mata*

  37. Danny
    July 24, 2010 at 9:41 am

    Terakhir saya belekan 7 tahunan yl, skrg kna lgi dech, prtma anak sya yg cwo 2 thun matanya mrah 2 hari smbuh, skrg kna nech bpknya. Baru td mlam berobat. Tuch pnyakit emang elit bget, gak mmpan dsmbuhin ma obat wrung biasa, maunya ma resep dokter. Sya dpt obat minum 2 mcam n dua mcam obat tetes..alhasil lmayan ada prkmbangan mnju smbuh nech. So, jaga ksehatan matamu, klu sakit mata obati ke dktr sp.mata, Ok!! Anyway Thanks ya infonya!!

  38. October 21, 2010 at 7:36 pm

    makasih mas infonya…saya bingung niy, mata saya hampir belekan…

  39. rizki
    December 18, 2010 at 11:28 am

    maksuh ya infonya… skrang sya dh tau cra nymbuhin mata q :-)

  40. rizki
    December 18, 2010 at 11:28 am

    maksih ya infonya… skrang sya dh tau cra nymbuhin mata q :-)

  41. shofi
    December 22, 2010 at 11:11 pm

    hwaa saya kena belekan. dan saya punya 2 bayi di rumah, ga ada yg bisa nggantiin. takut mereka ketularan…..

  42. arni
    January 15, 2011 at 1:53 am

    tepat, sangat menular……..aku jg ketularan nih….. mudah-mudahahan cepet sembuh…..

  43. February 24, 2011 at 5:01 am

    biasanya sering ngintipin orang mandi

  44. March 31, 2011 at 9:41 am

    thanks atas infonya, 2 hari ini mataku merah terus

  45. July 18, 2011 at 6:08 pm

    hehehe aku penuhi blogmu dengan comment ku..
    semoga tambah naik lagi PR nya

  46. April 15, 2012 at 6:19 pm

    Mohon pencerahannya, apa saja makanan dan minuman yang harus dihindari, jika terjadi infeksi mata ? Saya mengalami infeksi mata sebelah kanan sehingga pandangan mata kanan terasa kabur.

  47. anggayasha
    April 15, 2012 at 6:25 pm

    Obinhut :

    Mohon pencerahannya, apa saja makanan dan minuman yang harus dihindari, jika terjadi infeksi mata ? Saya mengalami infeksi mata sebelah kanan sehingga pandangan mata kanan terasa kabur.

    setau saya tidak ada pantangan, bro.
    Wallahu a’lam.

  48. June 15, 2012 at 6:51 am

    ngetik keyword mata belekan di google eh nyasar kemari
    ini toh blognya mas angga
    ane lagi kena belekan nih, parah pada aneh gitu ngelihatin ane, kayak ngelihat alien gitu :hammer:
    habis tekor kemaren beli obat tetesnya T-T

  49. anggayasha
    June 16, 2012 at 4:04 pm

    tikotaker :

    ngetik keyword mata belekan di google eh nyasar kemari
    ini toh blognya mas angga
    ane lagi kena belekan nih, parah pada aneh gitu ngelihatin ane, kayak ngelihat alien gitu :hammer:
    habis tekor kemaren beli obat tetesnya T-T

    abandoned blog nih, tik. wkwkwk

    kalo ane dulu kenanya pas liburan sih. :D
    ane dulu pake obat yang bentuknya salep. di olesin ke mata. :hammer:
    sekitar 2-3 hari insya Alloh udah sembuh kok, tik. :D

  50. izzura
    November 13, 2012 at 10:08 pm

    aku dan suami lagi sakit mata ketularan anak ku yang sudah sembuh duluan,.bisa ga sie yang barusan sembuh dari belekan tertular lagi,.aku khawatirin anak nie klo sakit lagi g tega liatnya

  51. May 2, 2013 at 4:30 am

    Fantastic issues altogether, you simply received a logo new reader. What could you suggest in regards to your publish that you made a few days ago? Any certain?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: