Home > Kesehatan > Tipes

Tipes


Tifus atau demam tifoid atau tipes. Tapi sebenarnya nama yang benar dan digunakan dikalangan medis adalah DEMAM TIFOID, sedangkan TIPES lebih tepat untuk istilah penyakit Ricketsia, tapi masyarakat Indonesia lebih sering memakai nama/istilah Tipes.
Gejala
Pada minggu pertama, gejala yang tampak adalah demam/panas dan biasanya sering terjadi pada sore hari, sedangkan pada siang hari, si penderita tidak merasa demam, bahwa terasa lebih sehat. Namun pada minggu kedua, demam akan terjadi pada pagi sampai malam hari, lidah menjadi kotor, pembesaran hati, pembesaran limpa, kembung dan kesadaran mulai berkabut (typos). Pada Minggu ketiga demam/panas mereda dan si penderita akan sembuh, namun bisa juga si penderita mengalami komplikasi sehingga dapat berakibat fatal.

Selain gejala-gejala di atas, gejala yang sering terjadi adalah sakit di ulu hati, nyeri kepala, pusing, nyeri otot, tidak nafsu makan, mual, muntah, sembelit atau mencret. Penderita akan merasakan ada ganjalan di perut, batuk dan terkadang mimisan.

Penyebab

Penyakit Tipes perut ( Thypus abdominalis ) merupakan penyakit yang ditularkan melalui makanan dan minuman yang tercemar dengan kuman Tipes , Salmonella typhosa, ( food and water borne disease ). Seseorang yang sering menderita penyakit tifus menandakan bahwa ia sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri ini.

Perhatikan pula sumber air minum (sumur/air sumber) anda apakah dekat dengan septic tank atau tidak ( idealnya berjarak minimal 10 meter ), apakah anda sering makan telur ayam mentah atau setengah matang? ( kulit telur ayam yg tercemar tinja ayam, banyak mengandung bakteri Tipes ).

Pengobatan
Obat untuk penyakit ini adalah antibiotika golongan Chloramphenikol, Thiamphenikol, Ciprofloxacin dll yg diberikan selama 7 – 10 hari. Lamanya pemberian antibiotika ini harus cukup sesuai resep yg dokter berikan. Jangan dihentikan bila gejala demam atau lainnya sudah reda selama 3-4 hari minum obat. Obat harus diminum sampai habis ( 7 – 10 hari ). Bila tidak, maka bakteri Tipes yg ada di dalam tubuh pasien belum mati semua dan kelak akan kambuh kembali.

Penderita harus makan makanan yang lunak (diet). Perawatan di rumah sakit bertujuan agar penderita tidak menyebarkan kuman, serta bisa dilakukan pengamatan dan pengobatan yang lebih intensif. Pasien harus berbaring sampai minimal 7 hari setelah panasnya turun, atau sekitar 14 hari. Istirahat (tidur telentang) sepanjang hari adalah sangat penting, agar tidak terjadi komplikasi seperti usus yang berdarah dan atau pecah. Penderita diizinkan berjalan hanya ingin buang air besar (BAB).

Pencegahan
Untuk mencegah agar seseorang terhindar dari penyakit ini kini sudah ada Vaksin Tipes yang disuntikkan dan dapat melindungi seseorang dalam waktu 3 tahun. Mintalah Dokter anda memberikan imunisasi tersebut. Daya tahan tubuh juga harus ditingkatkan ( gizi yang cukup, tidur cukup dan teratur, olah raga secara teratur 3-4 kali seminggu). Hindarilah makanan yang tidak bersih. Belilah makanan yang masih panas sehingga menjamin kebersihannya. Jangan banyak jajan makanan/minuman di luar rumah.

(31 October, malang)

Categories: Kesehatan Tags: ,
  1. asyhari
    April 11, 2008 at 8:26 am

    mkc bro dah kc tw pencegahannya,,,
    sekaligus pengobatannya…

  2. tya
    August 4, 2008 at 9:32 am

    Aku mo tanya. Berapa hari minimal orang menderita sakit tipes? terima kasih

  3. anggayasha
    August 19, 2008 at 11:58 pm

    Setahu ku, apabila telah sembuh kurang dari 6 hari, maka bisa dipastikan itu bukan sakit tipes. Tergantung dari asupan gizi yang dikonsumsi pasien. Yang penting jangan terlalu banyak kegiatan setelah sembuh, minimal 1-2 minggu. Dulu aku malah dilarang olah raga selama 1 bulan.
    Wallahu ‘Alam.

  4. Jeki chan
    September 18, 2008 at 1:21 pm

    Pa, saya kurang puas dengan informasi bapak !…. Karena apa yang saya tanyakan jawab nya juga berbeda kadang kadang saja jawaban yang saya minta benar, jadi saya ingin bapak menyediakan lebih banyak dan lebih ditel lagi tentang pertanyaan pelanggan @……

  5. anggayasha
    September 18, 2008 at 9:09 pm

    Lha, ini bapak kenapa ya??
    Salah posting komen kah?? :)

  6. Cici
    October 29, 2008 at 11:54 am

    Aq bru diamputasi jri kki kdua,lmyn smbh sh,tp kndsi tbuhku g fit jg,stlh aq bc wbste ttg typus,gjalanya sm bgt dg yg aq almi.Trutma rs mual,enek,hlg nfsu mkn,pdhl klo pgi gppa,cm psing biasa.Mkny aq bggung,typus/bkan

  7. anggayasha
    October 30, 2008 at 10:58 pm

    Itu diamputasi gara-gara sakit tipes, sis?? Kok bisa? I am so sorry to heard that … hope u can get better soon.
    Semangat!! :)

  8. November 19, 2008 at 1:07 pm

    Abag q srg bgt dy kna tipes
    Skrg jg lg opname,kr2 br cpt smbuh hrs ngonsumsi ap y?tx

  9. anggayasha
    November 22, 2008 at 1:00 am

    Kalo menurut pengalaman saya diopname dulu. Makannya musti yang alus-alus karena usus kita sedang luka. Seperti bubur nasi. Kalo minumnya waktu itu saya mintanya air degan, segeerrr…. :)
    Tapi kalo sedang diopname, biasanya makanannya udah disiapin dari rumah sakitnya. Kita tinggal makan.
    Pengen cepet sembuh?? Intinya jangan banyak gerak aja. Istirahat paling gak selama 7 hari di ranjang.

    Semoga cepet sembuh ya, bro. :)
    Thanks for coming.

  10. hanna
    December 9, 2008 at 11:05 am

    apa org yg prnh skit tipes gampang capek,lemes?ak prnah tipes pe opname, tp sblumnya g ad gejala apa2, tp saya emg dulu nya jarang maem,shari g mkn malah pe skrg.

  11. anggayasha
    December 10, 2008 at 6:47 am

    Gampang capek?? Kalo olahraga + makan + tidur nya teratur ya enggak lah, sis. :)
    Wah, bahaya tuh kalo makannya jarang-jarang gitu, apalagi sampai gak makan seharian. >.<

    Tapi dulu pernah denger, walaupun makannya gak 3 x sehari tapi kalo jadwal makannya teratur, gak masalah. Misalnya setiap pagi gak pernah makan, tapi tiap jam 12 siang ama jam 6 malam makannya teratur terus, nanti kondisi perut akan terbiasa.
    Saya sendiri sehari makan 2x plus cemilan dipagi hari.
    Lagian makan itu tidak selalu harus pake nasi, bisa roti dan makanan-makanan ringan lainnya. Kan sekarang pemerintah lagi mensosialisasikan untuk mem-variasi-kan makan kita agar jangan makan nasi aja.
    CMIIW

  12. ajat
    December 10, 2008 at 10:42 pm

    klo ada yang mau coba cacing bagus juga tuh…
    namanya cacing sonari…
    harga cukup murah…
    1 kapsul sekitar 3000

  13. Maharani
    December 10, 2008 at 11:13 pm

    Hai
    Aq dl dah pnah nyoba obt cacing tp ga mempan tuch
    Pa cz tipesQ dah parah y??
    Ni jg lg di 0pname cz tipes(again!)
    Saktñ c ilang timbul gt
    Stabil palsu lah:-)

  14. anggayasha
    December 11, 2008 at 1:01 pm

    @ajat
    Itu pengobatan alternatif apa anjuran dari dokter, bro?
    Kalo buat saya sendiri mending ikutin anjuran dokter daripada ikut-ikutan pengobatan alternatif. Hemat kata, serahkan aja pada ahlinya, gitu. :)

    @Maharani
    Denger2 jika seseorang pernah kena tipes, maka kalo jadwal makannya gak diatur bisa gampang kena tipes lagi. Ada orang yang pernah menyarankan minum jamu kunir + telur ayam kampung. Katanya bisa bikin penyakit tipes bener2 hilang. Kurang tau juga. Wallahu A’lam.

    Insya Allah kalo jadwal makannya teratur tipes gak bakalan kambuh lagi kok. Alhamdulillah udah beberapa tahun ini saya gak pernah sakit tipes lagi. :)

    Oya, biasanya sakit tipes menyerang ketika kita kena demam berdarah.
    CMIIW

    Thanks 4 comment. :)

  15. Justin
    December 14, 2008 at 1:56 am

    ayo hidup teratur, jangan suka jajan. kalau udah kena cari dokter secepatnya

  16. Tipesman
    December 21, 2008 at 8:23 pm

    Mau tanya suntik tipes, apakah benar2 manjur? Tingkat kesembuhannya brp persen yah? Dimana saya bisa mendapatkannya? Fyi, saya selalu terserang tipes kalo cape. Sayangnya saya tipe hardworker dan pekerjaan saya menuntut untuk kerja begadang. Terima kasih Pak Dokter.

  17. January 31, 2009 at 6:49 am

    TErimakasih buat infonya..
    Ini saya lagi dalam masa penyembuhan pasca tipes…

  18. February 17, 2009 at 4:54 pm

    katanya tipes bisa kambuh…gimana supaya gak kambuh

  19. February 17, 2009 at 8:55 pm

    Coba sis baca-baca dulu komen-komen yang udah masuk di atas, insya Allah ketemu jawabannya. :)

  20. syafiq
    February 27, 2009 at 4:10 pm

    hlo brur mau tanya nih,baru gejala tipes obatnya apaan sih ? saya udah kedokter di kasi resep harganya hampir kurang lebih lima ratus ribuan jadi saya ga jadi dulu tuh ambil obat…trims

  21. anggayasha
    February 28, 2009 at 5:06 am

    Coba minta resep obat yang generik, bro. Harganya murah tapi manfaatnya gak jauh beda ama obat non generik. Atau kalo gw biasa sakit, langsung aja ke apotek, trus gw tanyain, obat yang cocok buat sakit saya apa. Biasanya sih gw direkomendasiin ama apoteker sebuah obat.
    Trus yang penting musti istirahat total, berbaring dikasur dan makan yang lembek-lembek.

    Semoga cepet sehat, deh bro. :)

  22. March 25, 2009 at 10:18 am

    saat ini masku lagi sakit tipes…dah 2 hari diopname…apa ada obat traditional untuk penyakit tipes????

  23. joe hans
    April 29, 2009 at 11:22 pm

    pak saya mau nanya klo tipes bisa menular gk sich???

  24. anggayasha
    April 30, 2009 at 10:02 pm

    @rose
    denger2 ada obat yang berasal dari saripati cacing, tapi setahu ku para dokter tidak ada yang merekomendasikannya sama sekali. Yang paing baik adalah ikuti petunjuk dokter, jangan banyak gerak, makan yang lembut-lembut. Semoga cepat sembuh. :)

    @joe
    waktu SMA dulu pernah terjadi kasus di sekolahku, di mana hampir separuh siswa absen karena terjangkit penyakit tipes. Dan waktu itu para penjual di kantin diberi arahan untuk lebih menjaga kehigienisan makanannya. Kalau dilihat dari kasus tersebut sepertinya penyakit tipes itu menular melalui media makanan dan minuman yang terkena bakteri penyebab tipus.
    Semoga bermanfaat.

  25. Hans
    June 1, 2009 at 1:35 pm

    terima kasih banyak ya infonya…

  26. anggayasha
    June 1, 2009 at 10:38 pm

    kochira koso :)

  27. Fitriya
    July 7, 2009 at 12:26 pm

    minta ijin untuk repost tulisan nya, buat share ke teman2 yg laen, secara minggu kmrn tiba2 temen kntor pd sakit. dari 6 org yg sakit waktu itu 2 org suspect tipes.
    mknya pengen share mengenai tipes itu sendiri.

    Thnx y mas sebelum nya…

  28. anggayasha
    July 7, 2009 at 4:22 pm

    Silahkan dishare, tulisan ini dibuat memang untuk dibagikan kepada siapa saja yang membutuhkan.

    Semoga temen2 sis cepat sembuh.
    Selain berobat dan istirahat jangan lupa untuk meminta kesembuhan kepada Alloh. :)

  29. Febri
    August 26, 2009 at 9:47 pm

    Thank’s banget atas infony,,cos skarang cew gue lagi sakit tipes,,,

  30. anggayasha
    August 30, 2009 at 4:47 pm

    Sama-sama. :)
    Semoga lekas sembuh aja dia nya.
    Coz sakit tipes itu gak enak banget rasanya. >.<

  31. September 17, 2009 at 12:21 pm

    salmonela tiposa…..mana yang benar?? baktri atau kuman??? di blog dokter saya baca kuman

  32. September 17, 2009 at 1:23 pm

    beberapa tahun lalu saya menderita tipes,parah sampai buang air darah segar,badan tinggal kulit bungkus tulang,mulanya saya di rawat salah satu rumah sakit,dokter hanya menyimpulkan saya hanya inveksi pencernaan,padahal saya sangat yakin kalau saya menderita tipes, ini karena dirumah tempat tinggal saya(rumah kos) beberapa teman saya menderita penyakit yang sama,dengan gejala yang sama,hanya saja mereka telah sembuh,dan saya yang terakhir,menderita penyakit ini,….melihat prilaku saya yang tetap ngotot saya menderita penyakit ini,dokter putuskan test darah, hasil lab pun simpulkan negatif, ini membuat saya makin tidak mengerti,kotoran saya pun di bilang bukan hitam,tapi hijau,padahal saya pun sangat yakin ada yang tidak beres dengan kotoran saya,…setelah seminggu saya di rawat dirumah sakit itu, tubuh saya tambah lemah dan parah….2 hari terakhir saya buang air dengan darah segar,dan saya tidak lagi minum obat obatan saya selain obat yang saya anggap obat anti panas,tujuan saya agar suhu tubuh saya tidak panas lagi, dan dianggap sudah mau sembuh sehingga boleh pulang, dalam keadaan lemah…saya bangun dan minta pulang diantar orang tua saya,… saya tidak meminta diantar kerumah sakit yang lain,tetapi besoknya dalam keadaan yang makin parah tetap sedikit2 buang air mencret dengan darah,saya minta diantar ke puskesmas,dokter di puskesmas pun akhirnya menyimpulkan saya menderita tipes,dan saya bukan orang pertama untuk kasus ini katanya, karena dianggap penyakit saya sudah parah dia menganjurkan saya untuk di opname, ke rumahsakit yang lebih baik, sambil memberi obat dengan harapan obat ini bisa menolong saya, dan luar biasa,hanya beberapa jam saya tidak panas lagi, dan terasa sekali proses penyembuhannya,saya merasa tidak perlu kerumah sakit lagi, 2 hari kemudian saya datang ke dokter itu minta obat lagi, dan dokter ini sangat senang melihat keadaan saya…dia menyarankan tetap jaga diet saya, makan bubur untuk jangka waktu yang saya sudah lupa, yang jelas tidak sampai seminggu, 2-3 hari makan saya sudah normal,sangat berselera bahkan makan semaunya kecuali yang berserat dan (maaf) tidak sampai 2 minggu saya sudah mengkonsumsi miras(cap tikus) minuman manado,sekali lagi maaf,hanya karna saya merasa sudah sangat sehat walaupun saya tahu itu tidak baik. dan saya tetap sehat sampai hari ini. saya meminta tanggapan dokter,…maaf terlalu panjang!

  33. anggayasha
    September 26, 2009 at 4:55 pm

    First, gw bukan dokter. :)
    Second, kuman itu sama dengan bakteri.
    CMIIW

    Memang untuk hal-hal tertentu atau sesuatu yang kita sendiri tidak yakin. Ada baiknya kita meminta second opinion dari dokter lain. Dan sepertinya opini dokter ke-2 itu yang tepat. :)

  34. ali
    April 11, 2010 at 9:25 pm

    aq jga merasakan gjla yg srupa dgn yang dsbtkan tadi, tp q ga trlalu ngeh low ni tipes ,kta tmen seh ni tipes tpi aq jga tdak prnah ke dokter…

  35. anggayasha
    April 12, 2010 at 8:35 pm

    ali :

    aq jga merasakan gjla yg srupa dgn yang dsbtkan tadi, tp q ga trlalu ngeh low ni tipes ,kta tmen seh ni tipes tpi aq jga tdak prnah ke dokter…

    Gejala tipes itu, bung. Sebaiknya istirat aja dulu, jangan beraktifitas berat. Nanti kalau tambah parah malah tambah ribet urusannya entar. Keep healthy, bro. =)

  36. nes
    August 3, 2010 at 6:44 am

    saat ini aku lg tipes…gejalanya semuanya ku alami…dri mual abis mam…lemes kya org g pnya tulang..perut nyeri kdang mlah kram sampai g bsa gerak…buang air ada drahnya…sdh bobat…dan keadaannya mmbaik..tapi rasa sakit di perut masih terasa…dan lemas….

  37. nes
    August 3, 2010 at 6:45 am

    saat ini aku lg tipes…gejalanya semuanya ku alami…dri mual abis mam…lemes kya org g pnya tulang..perut nyeri kdang mlah kram sampai g bsa gerak…buang air ada drahnya…sdh bobat…dan keadaannya mmbaik..tapi rasa sakit di perut masih terasa…dan lemas….apakah saya sdh sembuh..krna saya g betah..hnya tidur …

  38. andi
    August 11, 2010 at 6:47 am

    nes :
    saat ini aku lg tipes…gejalanya semuanya ku alami…dri mual abis mam…lemes kya org g pnya tulang..perut nyeri kdang mlah kram sampai g bsa gerak…buang air ada drahnya…sdh bobat…dan keadaannya mmbaik..tapi rasa sakit di perut masih terasa…dan lemas….apakah saya sdh sembuh..krna saya g betah..hnya tidur …

    gunakan antibiotic 1. thiamphenicol 500mg generic harga 500 rupiah an per tab . atau 2. chloraphenicol 500mg harga 1000 an per tab. per 6 atau 8 jam 1 x. segera sembuh tuoesnya, kecuali demam nyamuk tidak bisa disembuhkan oleh antibiotic ini. smoga berguna utk anda

  39. andi
    August 11, 2010 at 6:48 am

    ali :
    aq jga merasakan gjla yg srupa dgn yang dsbtkan tadi, tp q ga trlalu ngeh low ni tipes ,kta tmen seh ni tipes tpi aq jga tdak prnah ke dokter…

    nes :
    saat ini aku lg tipes…gejalanya semuanya ku alami…dri mual abis mam…lemes kya
    org g pnya tulang..perut nyeri kdang mlah kram sampai g bsa gerak…buang air ada drahnya…sdh bobat…dan keadaannya mmbaik..tapi rasa sakit di perut masih terasa…dan lemas….apakah saya sdh sembuh..krna saya g betah..hnya tidur …

    gunakan antibiotic 1. thiamphenicol 500mg generic harga 500 rupiah an per tab . atau 2. chloraphenicol 500mg harga 1000 an per tab. per 6 atau 8 jam 1 x. segera sembuh tuoesnya, kecuali demam nyamuk tidak bisa disembuhkan oleh antibiotic ini. smoga berguna utk anda

  40. shulle
    September 26, 2010 at 11:13 am

    maksih…. nih sgt pnting buat Q!!!!

  41. July 10, 2011 at 5:02 pm

    knapa sakitnya ko lama sembuhnya?

  42. anggayasha
    July 14, 2011 at 12:57 am

    andi :

    ali :
    aq jga merasakan gjla yg srupa dgn yang dsbtkan tadi, tp q ga trlalu ngeh low ni tipes ,kta tmen seh ni tipes tpi aq jga tdak prnah ke dokter…

    nes :
    saat ini aku lg tipes…gejalanya semuanya ku alami…dri mual abis mam…lemes kya
    org g pnya tulang..perut nyeri kdang mlah kram sampai g bsa gerak…buang air ada drahnya…sdh bobat…dan keadaannya mmbaik..tapi rasa sakit di perut masih terasa…dan lemas….apakah saya sdh sembuh..krna saya g betah..hnya tidur …

    gunakan antibiotic 1. thiamphenicol 500mg generic harga 500 rupiah an per tab . atau 2. chloraphenicol 500mg harga 1000 an per tab. per 6 atau 8 jam 1 x. segera sembuh tuoesnya, kecuali demam nyamuk tidak bisa disembuhkan oleh antibiotic ini. smoga berguna utk anda

    weh…. ada dokter nih kayaknya. thx untuk jawabannya, bro. :D

  43. anggayasha
    July 14, 2011 at 1:05 am

    shulle :

    maksih…. nih sgt pnting buat Q!!!!

    Sama-sama :)

    Rachma Niar :

    knapa sakitnya ko lama sembuhnya?

    kenapa lama sembuhnya?
    hmm… kalo menurut pendapat pribadi saya, karena tipes ini menyerang pencernaan, jadi organ dalam pencernaan kita luka. dan untuk menyembuhkan organ dalam yang luka tersebut butuh waktu yang gak sebentar, makanya sembuhnya juga lama.

    *mengarangindahdotcom* #eaaa :D

  44. Adis
    July 24, 2011 at 4:54 pm

    aq mo nanya.. gmna dgn sari temulawak + madu, coz katanya itu jga antibiotik., trus ttg makanan.. apakah ada saran lain krna aq suka makan gorengan.. mksih sebelumnya.

  45. Tio
    October 13, 2011 at 4:37 pm

    Dok mau tanya DIKI+ AJA. beberapa wktu lalu saya sakit, setelah uji lab jumlah leukosit saya di atas normal, di cek lg ternyata kadar salmonela typhi dalam darah saya juga tinggi, nah dari hasil itu dokter vonis saya tipes. te+api yg saya bingung, kalau memang saya tipes, gejalanya kok ndak ada, hanya merasa lemah jika menjelang sore, seperti mau demam tapi tidak demam, nafsu makan gila, sakit d perut juga ndak, mual ia kadang kadang, mencret tidak, tetapi kaki dan tangan sebelah kiri saya bengkak, menurut dokter apa benar tipus

  46. cheytza
    October 27, 2011 at 8:37 pm

    apa tanda2 penyakit tipes itu udah sembuh?soalnya beberapa waktu lalu saya divonis dokter sakit tipes ,,,sama dokter disuruh istirahat dirumah selama hampir 2 minggu g boleh banyak bergerak dan makanan harus yg halus(bubur) sampai sekarang setelah minum obat dan mengikuti anjuran dr dokter,,knp masih jg lemes dan pusing?trus penyakit tipes itu dapat disembuhkan minimal berapa lama/hari?

  47. anggayasha
    November 16, 2011 at 3:40 am

    maaf, mas. saya bukan dokter.
    saya hanya sharing berdasarkan apa yang pernah saya alami. :)

  48. anggayasha
    November 16, 2011 at 3:42 am

    untuk tau udah sembuh atau belum ya harus menunggu vonis dokter. kalo dokternya bisa udah sembuh ya berarti udah sembuh. XD

    penyakit tipes biasanya sembuh minimal 7 hari.
    wallahu a’lam.

  49. astri
    May 16, 2013 at 4:56 pm

    Just sharing. Berawal dari radang tenggorokan, setiap nelen terasa sakit sekali, sampai nelen air putih pun sakitnya bukan main, menguap saja rasanya tersiksa sekali, karena sakit ditenggorokan, dan badan jadi meriang, lutut sebelah kiri terasa ngilu, pergelangan tangan kiri juga ngilu, dan lengan sebelah kanan juga terasa sakit dan ngilu jika digerakkan. Saya dapat rekomendasi dari atasan saya untuk mencoba minum antibiotik amoxicilin karna fg troches sudah tdk mempan sepertinya, tapi reaksi yg ditimbulkan di badan saya yaitu badan saya jadi gatal2 dan bentol2 merah (ternyata tubuh saya alergi dengan antibiotik yg mengandung venisilin dan sulfa yg terkandung dlm amoxicilin) itu setelah saya searching di internet. 4 hari saya lewati radang dan meriang itu dengan menhisap obat FG Troches yg biasa saya konsumsi jika sakit tenggorokan, dan saya juga makan makanan yg berkuah hangat supaya bisa menambah stamina,dan kondisi tenggorokan saya mulai membaik dan sudah sedikit hiang rasa sakitnya, sudah enak makan, seminggu kemudian saya kembali mengalami meriang dan tangan kaki saya juga kembali sakit, tapi hanya berlangsung 3 hari, saya pergi ke dokter dan dokter hanya memberikan saya obat anti alergi untuk saya, karna dia hanya concern pada alergi antibiotik bentol2 ditubuh saya, padahal yg saya keluhkan adalah badan saya yg meriang, tapi ya sudahlah saya hanya berusaha sebagai manusia dan tiba2 demam itu hilang dengan sendirinya. Di hari sabtu minggu kedua saya sakit, ketika bangun tidur, saya kaget karna tidak bisa bergerak sama skali karna sakit dibadan, pergelangan tangan yg sakit membengkak dan lutut yg ngilu pun membengkak dan badan saya meriang hebat sampai mual, mata pun terasa perih untuk dibuka. Malam nya saya periksa ke dokter berbeda, dokter yg skrg ini bilang saya ada 2 infeksi yaitu infeksi hati dan tenggorokan. Namun saya justru sudah tidak merasakan sakit lagi pada tenggorokan pada saat itu. Dokter menyarankan saya untuk cek darah saat itu juga, untuk memastikan apakah saya terkena tifus atau tidak, karena bengkak2 pada pergelangan tangan dan lutut saya dikarenakan infeksi tsb. Malam itu setelah saya dikasih obat dari dokternya, keesokan paginya bengkak2 itupun mulai kempes dan mulai tidak sakit lagi, Alhamdulillah, dan badan pun sudah enakan. Hari senin minggu ketiga hasil lab cek darah saya keluar dan ternyata dokter bilang saya positif terkena Tipoid (dlm bahasa dokter) atau tifus dalam bahasa awam kita. Pantas saja saya kembali meriang menjelang jam 3 sore sampe malam hari. Tapi dokter bilang saya tidak perlu dirawat dirumah sakit, hanya perlu bed rest dirumah saja selama 4 hari. Ok, saya turutin kata2 dokter itu, bahkan sampai seminggu saya bed rest dirumah, gak masuk kerja, gak masuk kuliah. Hari sabtu minggu ketiga saya sakit, saya kembali lagi ke dokter tsb karna obat saya sudah habis dan kondisi saya masih sama saja, gak bisa makan, gak bisa minum, mual2, muntah2 bahkan sampai gak bisa tidur. Setelah diperiksa, dokter itu hanya bilang “kamu sudah kelamaan ya gak masuk kerja, senin besok masuk yah, saya kasih obat untuk mual nya nanti.” Padahal saya masih mengeluhkan keadaaan perut saya yg gak stabil, gabisa makan minum, maunya muntah terus. Tapi apa maudikata, saya fiki2 saya memang harus segera masuk kerja karna sudah seminggu saya tidak masuk.Tapi sampai sekarang (minggu keempat) saya masih mual2, muntah2, kalau malam badan saya masih suka meriang, karna saya gakbisa lama2 ninggalin pekerjaan saya lebih dari seminggu, saya memutuskan untuk masuk kantor di minggu keempat.
    Saya bingung harus ke dokter mana lagi :( saya bener2 udah gak tahan sama kondisi ini. Perut sih laper, tapi kalo mulut diisi makanan terasa enek banget, maunya dikeluarin terus, jangankan untuk makan, untuk minum air putih saja saya sudah gak sanggup dengan eneknya :(

  50. RAH
    June 14, 2013 at 6:04 am

    aku mau nanya dong pak..
    saya kena tipes itu udah hampir 2 minggu tp keadan tak kunjung baik..
    pdhal asupan makananya benar dan minum obat teratur..
    itu kenapa ya?
    dan kata dokter dari puskesmas itu udh telat untuk di opname..
    pdhal sering saya bolak balik puskesmas..

  51. September 24, 2013 at 11:05 am

    gejala nya aja udah ngeri

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: