Home > Daily Notes > Antara Saya, Aku, Gw dst

Antara Saya, Aku, Gw dst


Setiap mo bikin tulisan jujur gw selalu bingung antara menggunakan kata “saya”, “aku”, atau “gw” sebagai kata ganti orang pertama. Kalau melihat tulisan-tulisan yang gw buat di blog ini, gw lebih cenderung menggunakan kata“saya”. Namun terdapat kendala ketika gw mau membuat tulisan yang terkesan santai dan gak penting (kayak tulisan ini). Kata “saya” menurut gw terlalu formal dan tidak cocok untuk membangun kesan santai. Karena itu sampai saat ini gw bingung mo pake yang mana, bahkan di awal-awal tulisan ini gw juga sempet bingung mau pakai kata “saya” atau “gw”.

Dalam kehidupan sehari-hari sendiri gw sangat jarang menggunakan kata “saya”, gw lebih sering menggunakan kata “aku”. Biasanya kata “saya”, gw pakai ketika sedang bicara dengan dosen dan orang-orang yang lebih tua.

Kata “aku” sering gw pakai ketika sedang ngobrol dengan temen, ama bokap nyokap juga pake kata “aku”, bukan bermaksud tidak menghormati ortu, tapi kita emang dah akrab, jadi sulit kalo mo pake basa jawa alus. *alasan!!!!* :p

“Kulo” biasa gw pake ketika bicara dengan orang-orang tua yang biasanya mengawali pembicaraan dengan bos jowo. Biasanya sih gw “enggeh-enggeh” aja kalo diajak ngomong jowo alus, kagak ngerti soale. He3x.

Sedangkan kalo mo bicara or numpang tanya ke Ustadz, bahasa udah ganti lagi pake bahasa padang pasir, “Ana”.

Kata “gw” emang gak gw pake dalam kehidupan nyata, soalnya gw arek Jatim. Ilate ra cocok ngomong lu-gw lu-gw. Medok sangat.

Beda lagi kalo di dunia maya, ketika di forum atau saat blogwalking, gw biasa pake kata “gw”. Selain emang lawan bicara rata-rata pake kata-kata lu-gw, kata “gw” memberikan kesan santai dan dinamis atas komen kita, gak kaku, ngetiknya juga cuma 2 huruf aja. Simpel. Tapi kadang-kadang gw juga biasa pake kata “boku”, khususon di forum anime, tapi sangat jarang sekali, kalo pengen aja.

Kata “saya” malah sangat jarang gw pake, biasanya gw pake kata “saya” pas ngobrolin sesuatu yang penting seperti membahas masalah kesehatan, politik atau kondisi ekonomi Indonesia. Atau biasanya gw pakai ketika lagi berantem/ ngeflame orang. Berasa intelek kata pake kata “saya-anda”.😀

Nah, kalian sendiri biasa pake yang mana?


*Tulisan ini awalnya pake kata “saya”, tapi gw ganti pake kata “gw” karena tulisan ini emang gak penting dan gak berbobot blas!:D*

Categories: Daily Notes Tags: , ,
  1. harsanalif
    May 22, 2009 at 7:16 pm

    Haha, sama nih mas.
    Di jakarta kalo ngomong pasti pake “aku”. Sampe-sampe dianggap aneh sendiri ama teman2 seklub yg di jakarta memang sering pake gw/loe.
    Di dunia internet, kata gw jg dipakai walo lebih sedikit, masih seringan pake saya.
    Sesekali pake bahasa aneh2 kayak wa, moi, dll😀

  2. anggayasha
    May 22, 2009 at 9:59 pm

    khe..khe..khe.. lidah emang gak bis bohong. Apalagi situ yang hidup nomaden. Bahasa baku udah jadi harga mati… :))

    Moi?? bahasa perancis?
    Sering denger di novelnya Agatha Christie (Hercule Poirot).

  3. taufiq
    May 23, 2009 at 2:26 pm

    nih coment pertamaq.
    tampilan dah lumayan ok..
    trliat lembut n gak trlalu nyolok.
    trus soal bhasan yg skrg comentq:
    aq,q,sy,gw,i (ai,bhs inggris, red),ana (bhs arobiyan, red), kdg ta pke smua or ta pke dg sesuein sapa lwan bcara gw.
    yg trpenting apapun kta gantinya lwan bicara qt ngerti ap maksud qt. jd kl mnurutq aq sih oke2 ja pke yg mnpun yg aq suka.

  1. May 22, 2009 at 11:30 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: