Home > Film and TV Show Review > Spirited Away

Spirited Away


Cerita dimulai dari kepindahan seorang gadis cilik berusia 10 tahun, Chihiro dan kedua orang tuanya ke kota lain dengan mengendarai mobil. Ketika sedang mencari rute yang lebih dekat ke rumah baru mereka, jalan kecil yang berakhir kesebuah bangunan misterius. Orangtua Chihiro penasaran dankemudian masuk melewatigerbang yang gelap. Di sisi lain, mereka menemukan apa yang mereka asumsikan sebagai taman bermain yang sudah ditinggalkan, yang nantinya disingkap bahwa tempat itu sebenarnya adalah gerbang menuju dunia arwah.
Ketika berjalan menyusuri bantaran sungai, mereka sampai ke sebuah desa yang penuh dengan makanan, namun tidak ada seorang pun di desa tersebut. Orang tua Chihiro memakan makanan tersebut, namun chihiro tidak mau memakan makanan tersebut karena takut si pemilik akan marah. Kemudian Chihiro berkeliling melihat keadaan sekitar dan dia bertemu dengan seorang lelaki bernama Haku, dia memperingatkan Chihiro agar pergi sebelum matahari terbenam.

Ketika kembali ke tempat orang tuanya, Chihiro melihat orang tuanya telah berubah menjadi babi. Dia sangat ketakutan dan mencoba kembali ke mobilnya, namun jalan yang dilewatinya telah terendam oleh air. Ditengah kebingungannya, Haku menemukannya dan menjelaskan bahwa untuk bertahan hidup dan menyelamatkan orang tuanya, satu-satunya cara adalah dengan bekerja dipemandian umum milik seorang penyihir, Yababa. Namun Yababa mau menerima Chihiro dengan syarat Chihiro memberikan namanya. Penyihir tersebut mengambil kendali atas nama Chihiro, dan memberikan nama baru kepadanya, “Sen”. Sekali dia melupakan nama aslinya, sama seperti Haku yang melupakan namanya sendiri, maka selamanya akan dimiliki oleh Yubaba.
Maka mulailah Chihiro menjalankan kehidupan barunya di pemandian umum arwah untuk bertahan hidup dan mencari cara menyelamatkan kedua orangtuanya.

Menurut saya plot cerita dari anime ini sangat menarik dan cukup orisinil. Anime ini berpesan untuk menjaga lingkungan sekitar, tidak mengotori dan membuat kerusakan. Grafis yang tinggi membuat anime ini terkesan hidup. Sangat cocok sebagai sebuah tontonan keluarga yang mendidik.

Spirited Away merupakan sebuah movie karangan sutradara terkenal Hayao Miyazaki, diproduksi oleh Studio Ghibli dan berdurasi selama 124 menit. Film ini dirilis di Jepang pada Juli 2001, menarik sebanyak sekitar 23 juta penonton dan meraup pendapatan sebesar 30 miliar yen, mengalahkan Titanic untuk menjadi film tersukses dalam sejarah Jepang. Dalam ajang internasional, Spirited Away memenangkan nominasi piala Oscar sebagai kategori film animasi terbaik tahun 2003.

  1. Favian
    May 22, 2009 at 11:00 am

    Dorama baru ya?
    Apa anime?

  2. anggayasha
    May 22, 2009 at 10:46 pm

    Anime, bro. Lawas tapi manteb abis.
    Worth it lah.🙂

  1. May 22, 2009 at 11:30 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: